Minggu, 17 Juli 2011

Proses persiapan pembuatan kerajinan enceng gondok

Disini saya akan berbagi bagaimana cara memanfaatkan tanaman enceng gondok sebagai suatu kerajinan :
Sebelum memasuki proses pembuatan kerajinan tangan dari eceng gondok, terlebih dahulu dipersiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan serta tahap-tahap pemrosesan eceng gondok hingga siap untuk dibuat kerajinan.

a. Bahan

Bahan dasar yang digunakan akan digunakan, dilakukan pengrajin mulai dari eceng gondok dalam keadaan basah. Standar panjang batang eceng gondok biasa adalah antara 45 – 50 cm, sedangkan yang super berukuran panjang 50 – 60cm. Untuk mempersiapkan eceng gondok menjadi bahan baku anyaman diperlukan beberapa bahan penunjang. Di antaranya :air bersih.Yang digunakan untuk membersihkan eceng gondok dari kotoran yang menempel. Jadi cukup menggunakan air sumur untuk menghilangkan kotoran pada daun-daun dan batang eceng.


b. Mempersiapkan Eceng Gondok
Pada dasarnya tangkai eceng gondok tidak bisa secara langsung digunakan sebagai bahan anyaman,akan tetapi perlu dipersiapkan terlebih dahulu melalui beberapa tahap pemrosesan. Masing-masing tahap akan diulas sebagai berikut ini.

1. TAHAP PEMBERSIHAN

Sewaktu mengangkat eceng gondok dari dalam air ( tempat tumbuhnya) akan terbawa juga bagian-bagian lain dari tanaman secara lengkap, seperti bunga, daun, tangkai, tunas, dan akar. Oleh karena, untuk mempersiapkan bahan anyaman hanya diperlukan bagian tangkai daunnya, maka bagian yang lain harus disisihkan. Setelah bagian-bagian yang tidak dibutuhkan disisihkan, tangkai eceng gondok kemudian bisa segera dicuci dan dibilas hingga benar-benar bersih. Bila perlu gunakan air sabun atau air kaporit agar pekerja yang menanganinya selalu dalam kondisi sehat, mengingat kondisi tempat tumbuh eceng gondok yang kotor.

2. TAHAP PENGERINGAN


Setelah tangkai eceng gondok bersih dari segala kotoran selanjutnya bisa dijemur dengan sesekali dibalik hingga tangkai benar-benar kering. Waktu penjemuran kurang lebih selama 6 hari atau tergantung pada ketebalan tangkai dan cuaca (ada tidaknya sinar matahari). Tangkai sebaiknya dijemur di atas lantai yang disemen atau di atas pasir. Karena penjemuran dengan cara ini hasilnya akan lebih maksimal (kering merata). Untuk mempercepat waktu pengeringan dapat diupayakan dengan membantu memisahkan kandungan airnya sebelum dijemur. Caranya, eceng gondok yang masih basah(sehabis dicuci) langsung dipres dengan alat pres manual kemudian baru dijemur.

3. TAHAP PEMILIHAN


Apabila tangkai eceng gondok telah kering, selanjutnya bisa segera dikelompokkan berdasarkan warna dan panjangnya agar bisa ditetapkan penggunaannya. Ukuran panjang yang dipakai adalah 45 –50 cm untuk ukuran biasa dan 50 –60 cm untuk ukuran besar.
 
4. TAHAP PEMBELAHAN
Adakalanya karena tuntutan ketentuan dalam desain anyamannya, eceng gondok kering perlu dibelah menjadi beberapa bagian.

5. TAHAP PENGANYAMAN
Eceng gondok yang telah dipres kemudian dianyam untuk mendapat lembaran-lembaran eceng gondok berukuran 50 – 60cm. Ada beberapa cara penganyaman eceng
berubah selama dianyam,yaitu :
a. Bagian ujung atau pangkalnya dijepit dengan penjepit kayu atau dipaku pada bilah kayu.
b. Pita-pita dengan nomor ganjil ditarik kesebelah kiri, sedangkan pita yang nomor urutnya genap ditarik ke kanan. Pita-pita dibidang anyam-menganyam ini disebut lungsin.
c. Tempatkan satu helai pita diantara deretan lungsin bernomor ganjil, dengan lungsin bernomor jenis motif anyaman, bagi yang pernah membuat anyaman dasar akan langsung dapat mengerjakannya dengan baik. Untuk selanjutnya akan dapat diutak-atik sehingga menghasilkan motif-motif lain yang lebih unik, indah dan menawan.


Proses PembuatanKerajinan Enceng Gondok
sumber : http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/kerajinan-enceng-gondok.html

Ada dua macam cara pembuatan tas dari anyaman eceng gondok, yaitu menggunakan cetakan dan tanpa cetakan. Tas eceng gondok yang dalam pembuatannya tidak menggunakan cetakan, bahan bakunya lembar anyaman yang telah dipersiapkan
Produk tas eceng gondok yang dibuat tanpa menggunakan cetakan perlu dibuatkan pola dari bahan karton agar ukurannya menjadi seragam.

1 komentar:

HASIL PEMANFAATAN ENCENG GONDOK

HASIL PEMANFAATAN ENCENG GONDOK
Harga sesuai bahan dan size yang diinginkan

harga Rp.110.000,- sampai Rp.160.000,-

Harga Rp.110.000,- sampai Rp160.000,-

Harga Rp 80.000,- sampai Rp 160.000,-